Tautan-tautan Akses

KPU Afghanistan Nyatakan Karzai Pemenang Pilpres


Presiden Afghanistan Hamid Karzai memperpanjang jabatannya untuk periode yang kedua setelah KPU membatalkan pemilihan putaran kedua.

Ketua KPU, Azizullah Ludin hari Senin mengatakan Presiden Karzai tetap menduduki posisinya karena ia adalah pemenang pemilihan putaran pertama bulan Agustus dan hanya satu-satunya calon dalam pemilihan putaran kedua yang tadinya dijadwalkan 7 November.

Penantang Karzai, Abdullah Abdullah mengundurkan diri dari pencalonan hari Minggu karena keprihatinan akan meluasnya kecurangan, seperti yang telah menodai pemilihan bulan Agustus lalu.

PBB, Amerika, Inggris dan sekutu lainnya menyambut baik perkembangan ini dan memberi selamat kepada Presiden Karzai.

Jurubicara Presiden Obama, Robert Gibbs mengatakan pemerintah Afghanistan perlu mengambil langkah untuk mengembalikan kredibilitasnya, termasuk menangani korupsi. Ia mengatakan mengetahui siapa yang menjadi presiden Afghanistan akan membantu pemerintahan Obama merumuskan strategi perang disana.

Selanjutnya, Gibbs mengatakan keputusan apakah Amerika akan mengirim pasukan tambahan ke sana akan diumumkan dalam minggu-minggu mendatang.



XS
SM
MD
LG