Tautan-tautan Akses

Palestina Sebut AS Gerogoti Usaha Perdamaian Timur Tengah


Tokoh-tokoh Palestina menyebut Amerika Serikat menghalangi usaha perdamaian di Timur Tengah, setelah menteri LN Hillary Clinton memuji Israel karena memberikan konsesi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memulai kembali perundingan damai.

Kata Clinton hari Sabtu, Israel menawarkan akan membatasi perluasan permukiman Yahudi untuk menanggapi keprihatinan Palestina. Tapi Clinton dan PM Israel Benyamin Netanyahu mengatakan, Palestina tidak pernah minta dihentikannya pembangunan permukiman Yahudi sebagai syarat dilanjutkannya perundingan damai.

Ketika berbicara lewat radio Israel hari Minggu, perundingan Palestina Saeb Erakat menegaskan lagi, Palestina tidak akan kembali ke meja perundingan sampai Israel menghentikan semua kegiatan pembangunan permukiman.

Clinton bertemu dengan presiden Palestina Mahmud Abbas di Abu Dhabi hari sabtu dan kemudian bertemu dengan Netanyahu di Jerusalem. Clinton menyerukan kepada Palestina dan Israel untuk melanjutkan perundingan dengan segera tanpa prasyarat.


XS
SM
MD
LG