Tautan-tautan Akses

Kolombia Perluas Akses Amerika untuk Pangkalan Militer


Amerika dan Kolombia menandatangani perjanjian yang memperluas kehadiran militer Amerika di negara Amerika Selatan itu, meskipun ada tentangan dari para pemimpin sayap kiri di kawasan itu. Kesepakatan yang ditandatangani Jumat di Bogota itu memberi pasukan Amerika akses ke 7 pangkalan di Kolombia untuk operasi anti-narkoba.

Departemen Luar Negeri Kolombia mengatakan kesepakatan itu menghormati prinsip-prinsip kedaulatan, integritas wilayah dan tanpa ada campur tangan dalam masalah domestik masing-masing negara.

Departemen Luar Negeri mengatakan kesepakatan itu mengijinkan kedua negara untuk terus bekerja secara erat dalam merespon berbagai tantangan keamanan didalam Kolombia.

Beberapa negara Amerika Selatan menuduh Amerika ikut campur dikawasan itu. Presiden Venezuela Hugo Chavez menggambarkan kesepakatan itu sebagai ancaman bagi negaranya, dan mengatakan hal ini dapat memicu perang di kawasan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan perjanjian ini adalah mengenai kerjasama bilateral dan tidak menyangkut negara lain.


XS
SM
MD
LG