Tautan-tautan Akses

Iran Sangkal Laporan Media Tentang Pertemuan dengan Israel


Iran menyangkal laporan media Israel yang menyatakan kedua pihak mengadakan pembicaraan langsung selama konferensi multi-nasional tentang perlucutan senjata nuklir bulan lalu di Mesir.

Pertemuan Komisi Internasional untuk Non-Proliferasi dan Perlucutan Senjata Nuklir itu diadakan di balik pintu tertutup di sebuah hotel di Cairo tanggal 29 sampai 30 September.

Suratkabar Israel, Haaretz, hari Kamis melaporkan bahwa delegasi Israel dan Iran terlibat langsung dalam pertemuan selama konferensi itu. Kantor berita Reuters mengutip seorang pejabat Israel yang juga mengatakan pembicaraan di Cairo itu melibatkan dialog langsung. Baik Haaretz maupun Reuters tidak menyebutkan sumber informasi tersebut.

Seorang juru bicara Lembaga Energi Atom Iran hari Kamis menyangkal bahwa wakil-wakil Iran dan Israel terlibat dalam dialog langsung selama peristiwa itu. Ali Shirzadian mengulangi pernyataannya bahwa Iran menganggap negara Israel "tidak sah."

Para pejabat Israel hari Kamis mengatakan utusan Israel dan utusan Iran menghadiri diskusi meja bundar dengan para anggota delegasi dan negara-negara lain dan membuat pernyataan tentang posisi kedua negara dalam hal isu nuklir.


XS
SM
MD
LG