Tautan-tautan Akses

Tim Obama Berunding Soal Pilpres Babak Kedua di Afghanistan


Presiden Barack Obama telah mengadakan konsultasi dengan duta besar Amerika di Afghanistan Karl Eikenberry dalam upaya mencegah kecurangan dalam pemilihan presiden babak kedua mendatang di Afghanistan.

Juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan para pejabat dari Komisi Pemilihan Independen Afghanistan juga ikut ambil bagian dalam konferensi video selama satu jam itu dengan Presiden Obama hari Kamis.

Gibbs mengatakan, Obama mengevaluasi situasi politik saat ini di Afghanistan, sebagai bagian dari evaluasi terus menerus mengenai perlu tidaknya mengirim lebih banyak tentara ke negara itu. Dikatakan bahwa diskusi tersebut bertujuan untuk "memperbaiki kesalahan-kesalahan" dalam pemilihan di negara itu Agustus lalu, yang dicemari oleh kecurangan.

Masalah tersebut telah mendorong para pejabat pemilihan untuk meminta diadakan pemilihan babak kedua antara Presiden Hamid Karzai dan mantan menteri luar negeri Abdullah Abdullah.

Gibbs mengatakan Presiden Obama ingin memastikan bahwa pemilihan tanggal 7 November mendatang dianggap sah oleh rakyat Afghanistan dan masyarakat internasional.



XS
SM
MD
LG