Tautan-tautan Akses

Netanyahu: Laporan PBB Mengenai Gaza Tidak Adil


Terkejut oleh laporan PBB yang menuduh Israel melakukan kejahatan perang, PM Israel mengatakan, hukum internasional mengenai erang harus diubah agar mencerminkan masalah yang dihadapi mereka yang melawan meluasnya terorisme global.

PM Benjamin Netanyahu memerintahkan para menteri kabinetnya yang bertanggung-jawab atas masalah keamanan agar menyusun usulan yang akan memungkinkan militer Israel menanggapi ancaman keamanan tetapi tanpa akan mendapat kecaman internasional.

PM tidak menjelaskan Selasa apakah dia menunjuk pada Konvensi Jenewa ketika dia berbicara mengenai hukum internasional atau perang, dan tidak mengatakan perubahan apa yang sedang dipikirkannya.

Utusan internasional untuk Timur Tengah Tony Blair dan Dutabesar Amerika ke PBB Susan Rice merupakan tokoh-tokoh yang akan hadir pada konferensi kepresidenan di Jerusalem minggu ini.

Presiden Shimon Peres menjadi tuan rumah, yang dimulai Selasa malam dan dipusatkan pada cara-cara membina masa depan yang lebih aman untuk Israel. Konferensi ini akan berlangsung sampai Kamis.

Sementara berada di wilayah itu Rice akan akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Amerika sedang berusaha untuk mempertemukan kembali Israel dan Palestina serta memulai kembali pembicaraan perdamaian.

Kunjungan dutabesar Rice dilakukan ditengah-tengah kemarahan Israel sehubungan laporan PBB yang menuduh Israel dan kelompok militan Hamas melakukan kejahatan perang selama konflik Gaza berlangsung pada permulaan tahun ini.


XS
SM
MD
LG