Tautan-tautan Akses

Kepala IAEA: Kemajuan Pembicaraan Nuklir dengan Iran Lamban


Kepala badan nuklir PBB mengatakan pembicaraan antara Iran dan kekuatan dunia lainnya seputar program nuklir Iran masih bisa menghasilkan sebuah kesepakatan, setelah pembicaraan mengalami kemacetan pada hari Selasa.

Para diplomat dari Iran, Rusia, Perancis dan Amerika bertemu kembali di kantor pusat Badan Energi Atom Internasional di Wina Selasa sore. Pembicaraan terhenti sebelumnya setelah Iran mengungkapkan penentangan terhadap usulan tentang peran Perancis yang akan mengharuskan Iran mengapalkan uranium ke Rusia dan Perancis untuk konversi menjadi bahan bakar reaktor.

Kepala IAEA Mohamed el Baradei mengatakan Selasa bahwa kemajuan lebih lamban dari perkiraan, dan bahwa isu-isu teknis serta jaminan pembangunan kepercayaan masih harus ditelaah. Ia mengatakan diplomat berkonsultasi baik secara bilateral maupun trilateral, dan pembicaraan akan dilanjutkan Kamis.

Jurubicara Dewan Keamanan Nasional Amerika, Mike Hammer, mengatakan delegasi Amerika dan Iran mengadakan diskusi terpisah mengenai pengayaan uranium yang diusulkan, dibawah pengawasan IAEA.



XS
SM
MD
LG