Tautan-tautan Akses

Afghanistan akan Selenggarakan Pilpres Putaran Kedua


Komisi pemilihan Afghanistan memerintahkan penyelenggaraan pemilihan ulang pada 7 November, setelah sebuah penyelidikan yang didukung PBB menemukan kecurangan besar-besaran dalam pemilihan bulan Agustus, sehingga membatalkan kemenangan Presiden Hamid Karzai.

Presiden Karzai Selasa setuju penyelenggaraan pemilihan putaran ke dua menghadapi penantangnya yang utama, mantan menteri luar negeri Abdullah Abdullah.

Pejabat memutuskan pemilihan ulang ini setelah panil yang disponsori PBB membatalkan sepertiga suara dukungan Karzai, sehingga ia tidak memiliki majoritas suara untuk menghindari pemilihan ulang.

Karzai mengatakan kepada reporter selama konferensi pers di Kabul, pemilihan ulang ini merupakan langkah maju menuju demokrasi.

Ia mendesak rakyat agar ambil bagian dalam pemungutan suara November, dan menyerukan masyarakat internasional agar membantu menjamin keamanan pemilih selama pemungutan suara berlangsung.

Sekjen PBB Ban Ki Moon mengatakan lembaga dunia itu akan melakukan semua usaha guna memastikan pemungutan suara putaran ke dua ini bisa dilakukan secara kredibel dan aman.

Tetapi ia mengakui, tugas yang dihadapi merupakan tantangan besar.

Presiden Barack Obama mengatakan tindakan Karzai merupakan langkah penting guna memastikan terselenggaranya pemilihan yang kredibel.



XS
SM
MD
LG