Tautan-tautan Akses

Korban Ofensif di Waziristan: 9 Tentara Pakistan dan 78 Militan Tewas


Jurubicara militer Pakistan, Jenderal Atthar Abbas hari Senin mengatakan sembilan tentara dan 78 militan tewas dalam ofensif militer Pakistan yang telah berlangsung tiga hari untuk menumpas militan Taliban di Waziristan Selatan.

Abbas menambahkan, tentara Pakistan berhasil menguasai sejumlah puncak gunung yang penting dan mengamankan sejumlah desa.

Para komandan pasukan angkatan darat Pakistan mengatakan sekitar 30 ribu tentara terlibat pertempuran melawan kira-kira 10 ribu militan Taliban, termasuk milisi asing di kawasan itu. Pihak berwenang Pakistan menuduh para ekstrimis itu pelaku sebagian besar serangan bunuh diri di Pakistan dalam tahun-tahun terakhir.

Para saksi mata mengatakan ribuan orang penduduk telah meninggalkan kawasan itu dalam beberapa hari terakhir. Para pejabat Pakistan memperkirakan sekitar 200 ribu warga sipil akan mengungsi dari kawasan itu dalam beberapa minggu mendatang.

Dalam dua minggu terakhir, militan Taliban telah melancarkan serangkaian serangan berani di banyak bagian Pakistan yang menewaskan lebih dari 175 orang.



XS
SM
MD
LG