Tautan-tautan Akses

6 Lagi Dihukum Mati atas Kerusuhan di Xinjiang, Tiongkok


Pengadilan di daerah Xinjiang, Tiongkok Barat, telah menjatuhkan hukuman mati terhadap enam orang lagi atas keterlibatan mereka dalam kerusuhan rasial yang berdarah bulan Juli yang menewaskan hampir 200 orang.

Dari keenam yang dihukum hari Kamis oleh Pengadilan Rakyat, lima orang tampaknya anggota kelompok minoritas Uighur yang sebagian besar Muslim, berdasarkan nama mereka. Nama terdakwa lainnya, Han Junbo, tampaknya anggota suku mayoritas Tiongkok Han.

Han dihukum karena memukuli seorang priya Uighur hingga tewas dan melukai seorang lainnya. Anggota komplotannya, yang juga tampaknya anggota suku mayoritas Han, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

Kekerasan bulan Juli itu, yang terburuk dalam puluhan tahun di Tiongkok, mengadu suku minoritas Muslim,Uighur, terhadap suku Han Tiongkok. Lebih dari 1600 orang luka-luka dalam kerusuhan tersebut.

Disamping keenam orang yang dihukum mati hari Kamis, tiga orang suku Uighur lainnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Sejak hari Senin, pengadilan Tiongkok di Xinjiang telah menghukum 21 orang atas keterlibatan mereka dalam kejahatan yang berkisar dari pembunuhan hingga pembakaran, perampokan, dan penghancuran harta-benda.

XS
SM
MD
LG