Tautan-tautan Akses

Interpol Akan Bantu PBB di Daerah Pasca-Konflik


Para menteri dari negara-negara seluruh dunia telah mendukung sebuah deklarasi yang menjanjikan badan kepolisian internasional, Interpol, untuk membantu PBB memperkuat peran kepolisian dalam misi penjagaan perdamaian paska-konflik.

Lebih dari 60 menteri luar negeri, kehakiman, dan dalam negeri mengadakan pertemuan dengan para pejabat tinggi kepolisian dari seluruh dunia di Singapura, dimana Interpol mengadakan sidang umum yang ke-78.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan dalam pertemuan itu lewat video jarak jauh hari Minggu bahwa Interpol adalah mitra alamiah bagi PBB dan usahanya untuk memulihkan kestabilan setelah perang.

Sekjen Interpol, Ronald Noble, mengatakan Interpol akan menyediakan keakhlian kepolisian, anggota kepolisian yang lebih terampil, dan kebolehan menggunakan sumberdaya globalnya di negara-negara yang menderita atau sedang pulih dari perang.

Seorang pejabat PBB lainnya mengatakan kerjasama PBB dengan Interpol diperkuat oleh kesadaran adanya kaitan yang jelas antara kejahatan dan konflik atau perang. Ia mengatakan kejahatan terorganisasi terdapat di banyak daerah perang.

XS
SM
MD
LG