Tautan-tautan Akses

Pasukan AS Tinggalkan Pos di Afghanistan Paska Serangan


NATO mengatakan keputusannya untuk menarik pasukan dari 2 pos terpencil di Afghanistan timur adalah bagian dari strategi baru untuk mengalihkan pasukan ke wilayah-wilayah dengan populasi lebih besar sehingga bisa melindungi lebih banyak warga sipil.

Aliansi itu mengatakan hari Jumat bahwa apapun yang dikatakan Taliban, pergerakan pasukan dan peralatan mereka dari distrik Kamdesh di propinsi Nuristan ke berbagai lokasi lain telah direncanakan dengan matang sebelum serangan Taliban minggu lalu.

Ratusan militan Taliban menyerang pos-pos penjagaan di Kamdesh tanggal 3 Oktober, menewaskan 8 tentara Amerika dan 2 tentara Afghanistan, dalam sebuah pertempuran paling fatal. NATO mengatakan kira-kira 100 pemberontak tewas.

NATO mengatakan mereka membangun pos-pos terpencil itu sebagai bagian dari strategi keamanan sebelumnya untuk menghentikan atau mencegah masuknya militan ke daerah tersebut.

Kantor berita Associated Press mengutip seorang komandan Taliban hari Jumat yang mengatakan perginya aliansi itu dari wilayah tersebut adalah kemenangan bagi Taliban.


XS
SM
MD
LG