Tautan-tautan Akses

DK PBB Perpanjang Mandat NATO di Afghanistan


Dewan Keamanan PBB secara aklamasi memperpanjang mandat pasukan pimpinan NATO di Afghanistan.

Kelima belas anggota Dewan menyetujui resolusi 1890 pada hari Kamis yang menyetujui Pasukan Bantuan Keamanan Internasional ( ISAF ) tetap berada di Afghanistan sampai 13 Oktober 2010.

Resolusi itu juga menyerukan anggota Dewan Keamanan untuk membantu meningkatkan kemampuan pasukan keamanan Afghanistan yang masih lemah dengan mengirim pasukan, peralatan dan sumber daya lainnya.

Secara terpisah, Dewan Keamanan mengeluarkan pernyataan yang mengutuk keras aksi bom bunuh diri di luar kedutaan besar India di Kabul, ibukota Afghanistan, yang menewaskan sedikitnya 17 orang dan melukai 80 lainnya.

Para pejabat India mengatakan, penyerang mengemudikan mobilnya ke dekat kedutaan besar India yang dikelilingi pagar kuat, dan meledakkan bom. Banyak korban adalah warga sipil Afghanistan yang berada di pasar di seberang jalan kedutaan Jurubicara militan Taliban mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, dan menandaskan bahwa sasarannya adalah kedutaan besar India. Tidak jelas fraksi Taliban mana yang melancarkan serangan ini.



XS
SM
MD
LG