Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tegaskan Hubungan Lebih Erat dengan Korut


Tiongkok berjanji akan memperkuat hubungan dengan negara tetangganya yang terkucil, Korea Utara, dalam pernyataan yang menandai 60 tahun sejak kedua negara menjalin hubungan resmi.

Dalam penyataan yang dimuat media pemerintah Tiongkok Senin ini, Presiden Hu Jintao mengatakan hubungan Tiongkok-Korea Utara adalah kehendak rakyat kedua negara. Dia juga menyebut hubungan itu kondusif bagi keamanan dan stabilitas kawasan.

Media pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Il juga mengirim pesan kepada Tiongkok agar 'memperkokoh dan mengembangkan" hubungan mereka. Korea Utara yang miskin bergantung pada Tiongkok untuk dukungan ekonomi dan diplomatik yang sangat penting.

Pertukaran pesan antara kedua negara tertangga itu bertepatan dengan kunjungan PM Wen Jiabao ke ibu kota Korea Utara. Kantor berita Xinhua mengatakan Wen mengadakan pembicaraan dengan Kim Jong Il Senin malam waktu setempat, namun tidak memberikan rincian.

Beijing berusaha membujuk Pyongyang agar kembali ke meja perundingan 6 pihak yang ditujukan untuk melucuti program senjata nuklir Korea Utara.


XS
SM
MD
LG