Tautan-tautan Akses

Jenderal Jones: Afghanistan Tak akan Jatuh ke Tangan Taliban


Penasihat keamanan nasional Amerika, Jenderal Jim Jones mengatakan Afghanistan masih jauh dari kemungkinan jatuh ketangan Taliban.

Ini dikatakan oleh Jones hari Minggu kepada stasiun televisi Amerika CNN. Kata jenderal Jones, situasi di Afghanistan sangat kompleks dan tidak bisa diselesaikan hanya dengan menambah jumlah pasukan. Ia mengatakan, keadaan hanya bisa membaik apabila ada kemajuan pada waktu yang sama dalam bidang keamanan, pembangunan ekonomi dan pemerintahan yang baik.

Pejabat tinggi Amerika yang ditugaskan pada perwakilan PBB di Afghanistan Peter Galbraith dipecat dari jabatannya minggu lalu. Katanya ia berulang kali diperintahkan supaya jangan terus mengadakan penyelidikan tentang kecurangan yang terjadi dalam pemilihan kembali presiden Hamid Karzai.

Kata Galbraith dalam sebuah artikel yang dimuat harian Washington post hari ini, ia telah meramalkan bahwa pemilihan presiden itu hanya akan menghasilkan bencana.

Katanya lagi, satu bulan sebelum pemilihan bulan Agustus lalu, ia mengetahui bahwa sedikitnya 1500 dari 7000 TPS berada di kawasan-kawasan yang tidak aman sehingga pejabat dan pasukan Afghanistan tidak pernah mengunjungi tempat-tempat itu.

Kata Galbraith lagi, TPS-TPS itu menghasilkan ratusan ribu surat suara palsu yang mendukung pemilihan kembali Presiden Karzai.


XS
SM
MD
LG