Tautan-tautan Akses

IAEA: Iran Terlambat Laporkan Pembangunan Fasilitas Nuklir


Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional IAEA menyatakan Iran melanggar peraturan IAEA karena terlambat melaporkan pembangunan sebuah fasilitas pengayaan uranium.

Dalam suatu wawancara dengan stasiun televisi India, Mohamed ElBaradei mengatakan Iran seharusnya memberitahu IAEA pada hari pembangunan fasilitas tersebut dimulai.

Ia menyebut kegagalan Iran melakukan hal tersebut merupakan suatu "kemunduran prinsip keterbukaan", dan mengatakan para inspektur IAEA harus mengunjungi fasilitas itu sesegera mungkin untuk menentukan tujuan penggunaannya.

Kepala badan energi atom Iran Ali Akbar Salehi pekan ini mengatakan, Iran dalam waktu dekat akan memberitahu IAEA mengenai Jadwal pemeriksaan fasilitas tersebut.

Komentar El-Baradei muncul sehari sebelum para pejabat dari Iran dan enam negara kuat di dunia berkumpul di Jenewa untuk membahas program nuklir Iran.

Perunding nuklir Iran Saeed Jalili mengatakan, keberhasilan perundingan itu tergantung pada pendekatan pihak-pihak lain terhadap posisi Iran.


XS
SM
MD
LG