Tautan-tautan Akses

Honduras Ditekan agar Pulihkan Kebebasan Perseorangan


Tekanan meningkat terhadap pemerintah sementara Honduras agar memulihkan kebebasan perseorangan dan merundingkan pengakhiran kebuntuan yang telah berlangsung selama tiga bulan mengenai Presiden Manuel Zelaya yang digulingkan dalam sebuah kudeta.

Adolfo Focusse, pemimpin sebuah kelompok bisnis berpengaruh, telah mengusulkan sebuah rencana yang akan memungkinkan pengembalian Zelaya ke jabatannya dengan kekuasaan terbatas, berdasarkan rencana yang diperantarai oleh Presiden Costa Rica Oscar Arias.

Focusse juga menghendaki presiden terguling tersebut diadili atas tuduhan korupsi, dan menghendaki agar pasukan multinasional dikerahkan untuk memastikan Zelaya mematuhi persetujuan tersebut.

Usulan tersebut menunjukkan penjabat Presiden Roberto Micheletti kehilangan dukungan diantara faksi-faksi internal yang mendukung kudeta tanggal 28 Juni itu. Micheletti juga telah dikecam oleh masyarakat internasional sejak memberlakukan keputusan yang membatasi kebebasan berbicara dan hak untuk berkumpul dengan bebas.

XS
SM
MD
LG