Tautan-tautan Akses

Tsunami Tewaskan Paling Sedikit 53 Orang di Kepulauan Pasifik Selatan


Para pejabat pulau Samoa mengatakan ombak tsunami setelah gempabumi kuat telah menewaskan paling sedikit 53 orang dan mencederai ratusan orang.

Para pejabat mengatakan ada paling sedikit 22 orang yang sudah pasti tewas di Samoa Amerika dan 31 orang di Samoa. Para pejabat mengatakan mereka memperkirakan jumlah yang tewas mungkin akan meningkat.

Gedung Putih telah menyatakan bencana besar di Samoa Amerika, dan menambahkan bahwa dana federal akan disediakan untuk membantu usaha pemulihan setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa-bumi kuat itu dengan kekuatan 8 skala Richter terjadi Selasa pagi waktu setempat, yang menimbulkan ombak tsunami. Ombak tersebut melanda daerah-daerah pantai, meruntuhkan bangunan-bangunan dan menghanyutkan mobil-mobil ke laut. Orang-orang yang selamat mengungsi ke dataran tinggi dan tinggal disana beberapa jam.

Para pejabat sedang berusaha memeriksa jumlah korban dan besarnya kerusakan. Para pejabat badan pengelolaan bencana mengatakan sampai 100 orang kemungkinan telah tewas di Samoa saja.*

XS
SM
MD
LG