Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Terjadi di Lepas Pantai Sumatra


Gempa kuat terjadi di lepas pantai Sumatra di dekat kota Padang, menimbulkan kerusakan pada gedung-gedung dan menimbulkan kebakaran.

Dinas Geologi Amerika mengatakan, gempa itu berkekuatan 7,9 pada skala Richter, dan terpusat 600 kilometer di barat laut Jakarta. Gempa terjadi petang ini waktu setempat, pada kedalaman 80 kilometer.

Getaran gempa terasa hingga Kuala Lumpur di mana ratusan orang bergegas keluar dari gedung-gedung perkantoran.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami untuk Indonesia, Malaysia, India dan Thailand, namun sebegitu jauh tidak ada laporan mengenai gelombang pasang terkait gempa itu.

Indonesia rentan gempa karena terletak di kawasan Cincin Api Pasifik.

Para pejabat Kesehatan Indonesia mengatakan, 13 orang tewas akibat gempa kuat yang melanda lepas pantai Sumatra.

Dinas Geologi Amerika mengatakan, gempa itu berkekuatan 7,9 pada skala Richter, dan terpusat 600 kilometer di barat laut Jakarta di dekat kota Padang. Kantor berita Reuters melaporkan, ribuan orang terjebak di bawah gedung-gedung yang ambruk.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mencabut peringatan tsunami yang tadinya dikeluarkan untuk Indonesia, Malaysia, India dan Thailand.

Indonesia rentan gempa karena terletak di kawasan Cincin Api Pasifik, jajaran gunung api dan retakan bumi yang melingkari Pasifik

XS
SM
MD
LG