Tautan-tautan Akses

Obama: G-20 Berhasil Menarik Ekonomi Dunia Kembali Dari Ambang Kehancuran


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan para pemimpin negara-negara anggota kelompok 20 mengambil tindakan yang telah menarik ekonomi sedunia kembali dari ambang kehancuran.

Obama mengatakan demikian kepada para wartawan pada akhir pertemuan puncak dua hari G-20 di kota Pittsburgh, Pennsylvania. Ia mengatakan para pemimpin sepakat membiarkan program stimulus tetap berjalan sampai pemulihan ekonomi kokoh. Mereka juga sepakat meningkatkan peraturan tata keuangan dan mengaitkan gaji pimpinan perusahaan dengan kinerja jangka panjang.

Dan para pemimpin itu memutuskan untuk menghapuskan secara bertahap subsidi bahan bakar fosil, yakni, minyak dan batu-bara. Pembakaran bahan bakar demikian dipandang sebagai satu penyebab perubahan iklim. Para pemimpin dunia itu juga menyatakan bahwa negara-negara ekonomi besar dan berkembang itu sedang membina pendekatan baru pada ekonomi. G-20 akan menanggulangi masalah ekonomi yang selama ini ditangani oleh G-8, kelompok kecil negara-negara kaya.

Perdana menteri Inggris Gordon Brown hari Jumat menegaskan kembali bahwa Kelompok 20 akan menjadi organisasi internasional utama dunia yang menangani masalah ekonomi.

XS
SM
MD
LG