Tautan-tautan Akses

Gadhafi Kecam Dewan Keamanan dalam Pidato di PBB


Pemimpin Libya Moammar Gadhafi mencela Dewan Keamanan PBB, membela Taliban dan mengkritik sejumlah kejadian yang terjadi puluhan tahun lalu pada kesempatan pertamanya memberikan pidato dimuka Sidang Umum PBB dimulai.

Dalam pidato yang bertele-tele selama 96 menit, Gadhafi memberikan komentar-komentarnya tentang berbagai masalah, mulai dari flu babi, pembunuhan presiden Amerika John F. Kennedy tahun 1963 dan perlunya 7,77 triliun dollar Amerika untuk ganti rugi bagi Afrika dari bekas-bekas penjajah mereka.

Mengenakan jubah coklat dan kadang-kadang mengacung-acungkan piagam PBB, pemimpin Libya itu menyerukan supaya Afrika diberi status anggota tetap Dewan Keamanan PBB, dan memberikan kekeuasaan lebih besar bagi Sidang Umum PBB. Ia juga mengkritik PBB, yang gagal menghentikan 65 perang yang terjadisejak PBB didirikan tahun 1945.

Ia juga mencela Militer Amerika dalam aksinya di Irak dan Vietnam dan membela Taliban dengan mengatakan kelompok tersebut seharusnya diperbolehkan mendirikan negara yang berazaskan agama. Walaupun mengkritik, ia juga memuji Presiden Barack Obama dan berharap Obama bisa menjadi presiden selama-lamanya.

XS
SM
MD
LG