Tautan-tautan Akses

Pembatalan Sistem Pertahanan Misil AS di Eropa Timur Bukan Karena Rusia


Amerika membantah bahwa pembatalan rencana pembangunan pangkalan missil penangkal di Polandia dan sistem radar canggih di Ceko disebabkan karena keberatan Rusia.

Ini dikatakan oleh Presiden Barack Obama dalam wawancara yang disiarkan hari minggu oleh stasiun televisi CBS. Ia mengatakan keputusannya untuk mengubah rencana pangkalan missil itu jangan dilihat sebagai suatu konsesi kepada Rusia. Katanya adalah suatu hal yang baik apabila dengan pembatalan rencana itu pemerintah Rusia merasa lebih aman dan mau menghadapi berbagai ancaman seperti misil-misil balistik Iran atau pengembangan kekuatan nuklirnya.

Tapi Senator partai Republik Lindsay Graham mengatakan dalam wawancara dengan stasiun televisi NBC bahwa tindakan Amerika itu bisa ditafsirkan sebagai menyerah pada tuntutan Rusia.

Kata menteri pertahanan Amerika Robert Gates dalam artikel yang dimuat harian New York Times, Amerika tidak meninggalkan rencana pertahanan missil di Eropa. Katanya, sebuah rencana baru sudah akan berfungsi beberapa tahun sebelum rancangan semula yang diajukan oleh presiden George Bush.

Sistem pertahanan baru itu akan menggunakan missil-missil pencegat yang ditempatkan di kapal-kapal di Laut Tengah dan juga nantinya dipangkalkan di Eropa Tengah dan Selatan.

Kata Gates, sistem pertahanan missil yang dipasang di kapal-kapal perang itu sudah akan berfungsi tahun 2011 dan teknologi serupa akan dipasang di daratan Eropa empat tahun kemudian.


XS
SM
MD
LG