Tautan-tautan Akses

AS Tak akan Tentukan Tanggal Penarikan Pasukan dari Afghanistan


Amerika tidak akan mengambil keputusan tentang perang di Afghanistan berdasarkan kepentingan politik sesaat, tapi akan terus menjalankan strategi yang tepat dengan sasaran-sasaran yang jelas.

Ini dikatakan oleh presiden Barack Obama dalam sejumlah wawancara yang diadakan dengan empat stasiun televisi besar. Obama mengatakan ia tidak akan menentukan batas waktu bagi penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan, tapi ia juga menambahkan bahwa pendudukan negeri itu tidak akan berlangsung tanpa batas.

Kata Obama, ia harus bersikap skeptis tentang usul pengiriman lebih banyak pasukan ke Afghanistan, tapi apabila pasukan tambahan itu dibutuhkan untuk mengalahkan al-Qaida, katanya lagi, Amerika akan melakukan apa yang diperlukan.

Obama juga menyinggung masalah Korea Utara dan mengatakan bahwa bekas presiden Bill Clinton mengatakan padanya bahwa pemimpin Korea Utara Kim jong-il sudah sehat kembali dan memegang kendali pemerintahan.

Clinton bertemu dengan Kim bulan Agustus lalu ketika ia pergi ke Pyongyang untuk membebaskan dua orang wartawan perempuan Amerika yang dihukum penjara di negeri itu. Kesehatan Kim banyak dipertanyakan setelah ia dilaporkan menderita stroke dan jarang tampak di muka umum.

Obama juga menyatakan senang bahwa koalisi dunia internasional berhasil mempertahankan sanksi-sanksi atas Korea Utara karena program nuklirnya yang dicurigai.


XS
SM
MD
LG