Tautan-tautan Akses

Amnesty Desak Korsel Bebaskan Aktivis Uighur


Amnesty International mendesak Korea Selatan agar segera membebaskan seorang aktivis terkemuka Uighur dan jangan sama sekali mendeportasinya ke Tiongkok.

Organisasi ham itu mengatakan hari Kamis bahwa Sekjen Kongres Uighur Dunia, Dolkun Isa, telah ditahan di bandar udara Seoul sejak hari Selasa. Amnesty mengatakan pihak berwajib Korea Selatan menghambatnya memasuki penerbangan ke Jerman, dimana ia telah diberikan kewarga-negaraan setelah melarikan diri dari Tiongkok tahun 1997.

Amnesty mengatakan bahwa kalau Dolkun Isa dikirim ke Tiongkok, ia dapat ditangkap, diadili dengan tidak wajar, dan kemungkinan dihukum mati.

Amnesty mengatakan pihak berwajib Korea Selatan hendaknya mendakwanya sekiranya ia telah melanggar hukum, kalau tidak, ia sebaiknya dibebaskan. Dolkun Isa berada di Seoul untuk menghadiri Forum Dunia untuk Demokratisasi di Asia.

Tiongkok telah menuduh Kongres Uighur Dunia bertanggung jawab atas kerusuhan di daerah Xinjiang, Tiongkok barat-laut, bulan Juli. Para tokoh Uighur di pengasingan membantah tuduhan itu.


XS
SM
MD
LG