Tautan-tautan Akses

Karzai Bela Integritas Pemilu Afghanistan


Presiden Afghanistan mengatakan media telah membesar-besarkan laporan tentang kecurangan dalam pemilihan presiden bulan Agustus lalu.

Hamid Karzai mengatakan kepada wartawan hari Kamis bahwa dia mempercayai integritas pemilihan itu dan bahwa jumlah kecurangan yang terjadi jauh lebih kecil dibanding yang telah diberitakan.

Karzai juga mengatakan pengaduan mengenai kecurangan akan diinvestigasi.
Komisi Pemilu Independen yang ditunjuk pemerintah hari Rabu merilis hasil awal yang menunjukkan Karzai memperoleh 54 persen suara atau lebih dari 50 yang diperlukan untuk menghindari pemilihan babak kedua. Penantang utamanya, mantan menteri luar negeri Abdullah Abdullah, memperoleh 28 persen suara.

Hari Kamis, Abdullah mengatakan kepada wartawan bahwa kemenangan Karzai dalam pemilihan babak pertama itu penuh kecurangan dan hanya akan menguntungkan Taliban. Dia juga menolak kemungkinan bergabung dalam pemerintahan Karzai.

Hasil pemilihan itu belum final sampai semuanya dinyatakan syah. Komisi Pengaduan Pemilihan yang didukung PBB telah memerintahkan penghitungan ulang sebagian surat suara, yang dapat menunda hasil resmi selama berminggu-minggu.


XS
SM
MD
LG