Tautan-tautan Akses

AS, Bangladesh Sepakat Kerjasama Perdagangan dan Kontra Terorisme


Para pemimpin Amerika dan Bangladesh sepakat akan mempererat kerjasama perdagangan, kontra terorisme dan perubahan iklim.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton bertemu dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh Dipu Moni di Washington hari Rabu. Clinton mengatakan kepada para wartawan Amerika siap bekerjasama dengan Bangladesh untuk meningkatkan kesempatan ekonomi di negara Asia Selatan itu.

Clinton memuji upaya Bangladesh untuk memberdayakan perempuan, termasuk memperbaiki kesempatan pendidikan bagi anak-anak perempuan.

Kedua pemimpin itu membahas kemungkinan perjanjian perdagangan bilateral selama pertemuan mereka. Moni juga minta kuota dan bebas bea masuk untuk barang-barang Bangladesh di pasar Amerika.

Menteri luar negeri Bangladesh itu mengatakan pemerintahnya menginginkan bantuan Amerika untuk mengentaskan Bangladesh ke status negara berpendapatan menengah menjelang tahun 2021, ketika Bangladesh merayakan 50 tahun kemerdekaannya.

Moni juga mendesak Amerika berbuat lebih banyak untuk mengurangi dampak yang merugikan dari perubahan iklim terhadap negara-negara yang rentan seperti Bangladesh.

XS
SM
MD
LG