Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Tidak Menentang Pembicaraan Langsung AS - Korea Utara


Korea Selatan menyatakantidak akan menentang Amerika mengadakan pembicaraan langsung dengan Korea Utara untuk membujuk Pyongyang agar turut kembali dalam pembicaraan perlucutan senjata nuklir yang macet.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Sabtu menyatakan akan mendukung perundingan bilateral antara Washington dan Pyongyang, asalkan perundingan itu diadakan dalam kerangka kerja pembicaraan 6 pihak.

Pejabat Dept. Luar Negeri Amerika P.J. Crowley, Jumat mengatakan, pemerintah Obama siap mengirim utusan khusus Amerika ke Korea Utara, Stephen Bosworth, untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Korea Utara mengenai masalah itu.

Kata Crowley, pembicaraan dengan Korea Utara itu masih dalam rangka proses pembicaraan 6 pihak, untuk meyakinkan Korea Utara agar kembali ke proses perundingan banyak pihak, dan khususnya supaya mematuhi kuwajibannya dalam persetujuan tahun 2005.

Strategi baru Amerika itu muncul setelah Bosworth dan utusan senior Amerika lainnya – Sun Kim – menyelesaikan konsultasi di Asia pekan ini mengenai masalah nuklir dengan para pejabat Korea Selatan, Tiongkok, Jepang dan Rusia, yakni para anggauta dalam pembicaraan 6 pihak yang macet.

Amerika menyatakan tidak ada perubahan kebijakan, sementara pembicaraan dengan Pyongyang masih akan merupakan bagian dari proses pembicaraan 6 pihak.


XS
SM
MD
LG