Tautan-tautan Akses

Obama: Tanpa Reformasi Banyak Warga Terancam Bangkrut


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan di hadapan sidang gabungan kedua majelis Kongres Amerika Rabu malam bahwa kegagalan pemerintah untuk melakukan reformasi perawatan kesehatan telah membuat warga yang tidak mempunyai asuransi "hanya satu kecelakaan atau penyakit jauhnya dari kebangkrutan."

Obama memberi rincian gagasan 900 milyar dolar yang hendak mencakup pilihan asuransi yang dikelola pemerintah untuk memberi persaingan bagi perusahaan asuransi swasta. Ia mengatakan gagasan itu tidak akan menambah besarnya defisit anggaran negara Amerika, tetapi akan dibayar dengan menghapuskan penghamburan dari sistem perawatan kesehatan yang ada sekarang.

Pidato presiden dihentikan beberapa kali oleh sambutan tepuk-tangan, ketawa dan tentangan. Ketika presiden mengatakan gagasannya tidak menanggung imigran gelap, seorang anggota Kongres, yang disebut bernama Joe Wilson, dari partai Republik, yang mewakili sebuah distrik di South Carolina, mengatakan:"Kau berbohong."

Presiden mengatakan dalam pidatonya bahwa ia akan bekerjasama dengan golongan Republik untuk melayani keprihatinan mereka.

Dalam jawaban golongan Republik, anggota Kongres Charles Boustany, seorang akhli bedah jantung, mengatakan perawatan kesehatan yang dikelola pemerintah bukan penyelesaian. Ia mengusulkan penyediaan asuransi bagi semua, memberi perangsang bagi orang untuk menjaga kesehatannnya, dan memberi perorangan dan perusahaan kecil pilihan bersatu untuk memperoleh harga yang baik untuk asuransi.


XS
SM
MD
LG