Tautan-tautan Akses

Iran Serahkan Proposal Nuklir ke Negara-Negara Besar Dunia


Iran telah menyerahkan proposal baru untuk program nuklirnya yang kontroversial kepada Amerika, Rusia, Tiongkok dan negara-negara besar lainnya.

Di Teheran, Menteri Luar Negeri Manoucher Mottaki hari Rabu menyerahkan paket proposal itu kepada wakil-wakil dari enam negara (yang dikenal sebagai kelompok P5 plus 1) yang selama ini berusaha mengatasi perselisihan mengenai program pengembangan nuklir Iran.

Rincian paket itu tidak diketahui, namun Mottaki hari Selasa mengatakan dia berharap proposal Iran itu akan mendorong rangkaian baru pembicaraan nuklir.

Reaksi awal terhadap proposal Iran itu diberikan dengan berhati-hati. Juru bicara utama Presiden Barack Obama (Robert Gibbs) mengatakan Iran harus menepati tanggung jawabnya dan mengakhiri yang apa disebutnya program nuklir yang gelap.

Robert Gibbs mengatakan itu bukanlah opini satu negara saja, tapi seluruh masyarakat dunia. Seorang pejabat senior Amerika lainnya hari Rabu mengatakan bahwa Iran semakin mendekati kemampuan membuat rudal berhulu ledak nuklir.


XS
SM
MD
LG