Tautan-tautan Akses

Inggris Nyatakan Tiga Pelaku Percobaan Bom Bersalah


Sebuah pengadilan Inggris menyatakan tiga warga Muslim Inggris bersalah karena berkomplot akan membunuh ribuan orang dengan menggunakan bahan peledak cair untuk meledakkan sejumlah penerbangan trans atlantik.

Pengadilan menyatakan ketua kelompok tersebut Abdullah Ahmed Ali dan terdakwa lainnya, Assad Sarwar dan Tanvir Husein bersalah ikut dalam rencana tahun 2006 yang untuk menyelundupkan bahan peledak cair yang disamarkan dalam botol-botol minuman ringan ke dalam pesawat.

Juri pengadilan itu membebaskan empat lelaki lain yang diduga punya kaitan dengan rencana tersebut dan gagal mengambil keputusan terhadap tersangka ke delapan, yang sebelumnya dijatuhi hukuman atas tuduhan berkomplot.

Jaksa penuntut mengatakan para terdakwa berusaha membuat pernyataan sadis dan mematikan melalui pemboman yang bisa melibatkan tujuh penerbangan dari London ke Amerika. Mereka mengatakan serangan itu direncanakan oleh para militan senior di Pakistan.

Terbongkarnya rencana tersebut telah menciptakan kesulitan besar bagi industri penerbangan dan menyebabkan pembatasan ketat bagi penumpang membawa bahan-bahan cair dan gel ke dalam pesawat.



XS
SM
MD
LG