Tautan-tautan Akses

Pemimpin Oposisi Iran, Mousavi Serukan Protes Dilanjutkan


Calon presiden Iran yang kalah Hussein Mousavi menyerukan pendukung-pendukungnya untuk meneruskan aksi protes atas hasil pemilihan umum presiden Iran yang disengketakan itu.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari Sabtu di situs resminya, Kaleme.com, Mousavi mendesak pendukungnya untuk berjalan di jalan hijau yang telah mereka lalui dalam beberapa bulan terakhir lewat pengarahan massa dalam jumlah besar dan kecil. Dia juga memperbaharui tuduhan adanya kecurangan yang berkaitan dengan pemilihan itu.

Hijau adalah warna kampanye Mousavi dan warna itu sering dipakai dalam aksi protes besar menyusul pemilihan umum presiden bulan Juni.

Seruan Mousavi dikeluarkan dua hari setelah parlemen Iran menyetujui 18 calon menteri yang diajukan presiden Mahmud Ahmadinedjad untuk kabinetnya yang beranggota 21 orang itu.

Ahmadinedjad terpilih kembali dalam pemilihan umum kontroversial yang menempatkan Mousavi pada urutan kedua. Lawan-lawan politik pemerintah mengatakan, pemilihan itu curang. Ketika hasilnya diumumkan, hal itu mendorong terjadinya aksi demonstrasi di jalan-jalan.

Ribuan warga Iran telah ditahan dan akan terus ditahan karena melancarkan protes terhadap hasil pemilihan itu.


XS
SM
MD
LG