Tautan-tautan Akses

Menlu AS Hentikan Berbagai Bantuan Kepada Honduras


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton telah mengambil keputusan untuk menghentikan berbagai bantuan bagi Honduras atas penggulingan Presiden Manuel Zelaya bulan Juni.

Departmen Luar Negeri Amerika mengeluarkan pengumuman hari Kamis ketika Menteri Clinton bertemu dengan Zelaya di Washington. Jurubicara Ian Kelly mengatakan dalam pernyataan bahwa pemerintah sementara Honduras telah menolak rencana yang diperantarai Kosta Rika yang hendak mengembalikan Zelaya berkuasa. Kelly juga mengatakan pemulihan bantuan yang dihentikan akan didasarkan pada pemulihan pemerintahan demokratis dan konstitusional di Honduras.

Di Tegucigalpa, seorang pejabat pemerintahan sementara Presiden Roberto Micheletti mengatakan tindakan Amerika itu "sangat tidak bersahabat." Kemudian hari Kamis, Zelaya memberitahu VOA bahwa ia gembira atas langkah Amerika itu, termasuk pencabutan visa sejumlah pejabat Honduras yang mendukung pemerintahan Micheletti.

Zelaya mengatakan bahwa kalau tindakan yang diambil tindak berhasil menekan pemerintahan sementara untuk mengembalikan jabatannya, tindakan ekonomi yang lebih kuat hendaknya dilakukan.


XS
SM
MD
LG