Tautan-tautan Akses

Protes di Xinjiang Tewaskan 5 Orang


Pihak berwenang Tiongkok mengatakan 5 orang tewas dan 14 lainnya terluka dalam berbagai protes minggu ini mengenai keamanan di kota Urumqi. Wakil Walikota Zhang Hong mengatakan pada wartawan korban tewas terjadi dalam demonstrasi hari Kamis.

Hari Jumat, polisi menggunakan gas air mata dan himbauan pada publik untuk membubarkan protes-protes baru, selagi ribuan warga Tiongkok Han menuntut keamanan yang lebih baik menyusul serangkaian serangan menggunakan jarum secara misterius di Urumqi.

Mereka mengatakan pihak berwenang lambat menghukum orang-orang yang bertanggung jawab atas kerusuhan antar suku Juli lalu antara Muslim Uighur yang menewaskan hampir 200 orang di ibukota wilayah Xinjiang.

Kantor berita pemerintah Tiongkok hari Jumat mengutip Menteri Keamanan Publik Meng Jianshu, dan mengatakan pasukan separatis etnis bertanggung jawab atas hampir 500 serangan menggunakan jarum yang menarget kelompok Han.

Laporan resmi media mengatakan hanya 89 orang menunjukkan tanda-tanda jelas ditusuk jarum, dan belum ada korban meninggal, keracunan ataupun infeksi.


XS
SM
MD
LG