Tautan-tautan Akses

Menkeu AS: Ekonomi Global Telah Ditarik dari Ambang Depresi


Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner mengatakan ekonomi global telah ditarik kembali dari ambang jurang kehancuran.

Geithner mengatakan kepada wartawan di Washington hari Rabu bahwa keadaan telah banyak membaik dari kedalaman krisis tahun ini. Geithner akan bertemu dengan para menteri keuangan G-20 di London hari Jumat, dimana mereka berusaha mengkoordinasi usaha lebih jauh untuk membimbing ekonomi keluar dari krisis dunia saat ini.

Mereka juga akan menetapkan agenda pertemuan puncak G-20 di Amerika Serikat bulan ini. Para pejabat G-20 atau Kelompok-20 sedang mempertimbangkan kapan mulai menghentikan dana stimulus pemerintah yang berjumlah triliunan dolar itu yang telah menyelamatkan ekonomi dunia dari keruntuhan.

Tetapi, menteri keuangan Inggris Alistair Darling mengatakan kepada suratkabar Independent hari Kamis bahwa risiko terbesar terhadap pemulihan global adalah pemerintah yang mengira bahwa tugas sudah selesai.

Darling mendesak para pejabat agar terus belanja untuk memastikan ekonomi global pulih ke pertumbuhan yang wajar dalam tahun 2010.

XS
SM
MD
LG