Tautan-tautan Akses

Gempa Bumi Kuat di Lepas Pantai Jawa Barat


Para petugas pertolongan di pulau Jawa, Indonesia, menggali batu dan reruntuhan dengan tangan mereka dengan harapan akan menemukan penduduk desa yang diyakini terkubur dalam tanah longsor yang ditimbulkan oleh gempa-bumi yang kuat.

Para pejabat mengatakan gempa-bumi yang berkekuatan 7 skala Richter itu, yang melanda lepas pantai pulau Jawa hari Rabu, telah menewaskan paling sedikit 46 orang dan melukai lebih dari 300 lainnya.

Para pejabat mengatakan lebih dari 700 bangunan di seluruh provinsi Jawa Barat rubuh atau rusak berat dalam gempa itu. Di Desa Cikangkareng, Jawa Barat, tanah longsor mengubur sederetan rumah dibawah berton-ton batu dan lumpur. Para petugas pertolongan terpaksa menggunakan tangan mereka untuk menggali orang-orang yang diyakini terkurung karena peralatan penggali yang besar belum sampai ke desa itu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diperkirakan akan berkunjung ke desa itu hari ini. Sebegitu jauh, para pejabat mengatakan banyak dari yamng meninggal dan luka-luka disebabkan reruntuhan yang jatuh atau atap atau tembok yang jatuh.


XS
SM
MD
LG