Tautan-tautan Akses

Iran Siap Berunding Soal Nuklir


Perunding nuklir utama Iran mengatakan, negerinya siap melakukan kembali perundingan dengan negara-negara kuat dunia mengenai program nuklir negara itu yang kontroversial.

Media resmi Iran melaporkan apa yang dikatakan kepala Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran, Said Jalili, Selasa ini, bahwa Iran memiliki seperangkat usulan yang telah "diperbarui". Menurut Jalili, paket baru itu dimaksudkan sebagai dasar perundingan dengan ke-5 negara anggota DK PBB, plus Jerman, yang telah secara teratur membahas program nuklir Iran.

Kelompok yang dikenal dengan sebutan P5+1, yang mencakup AS, Rusia, Tiongkok, Prancis dan Inggris itu, telah menawarkan insentif perdagangan kepada Iran agar menghentikan program pengayaan uraniumnya.

Washington telah memberi Iran waktu hingga pembukaan sidang Majelis Umum PBB menjelang akhir bulan ini, untuk menerima tawaran berunding dengan kelompok itu. Keenam negara kuat dunia tadi dijadwalkan berunding di kota Frankfurt, Jerman, pekan ini untuk mempertimbangkan sanksi-sanksi yang lebih berat terhadap Iran, jika menolak bekerjasama.

Gedung Putih mengatakan pihaknya tidak mendengar sesuatu yang menyakinkan dari Iran mengenai tawaran perundingan tersebut. Juru bicara Robert Gibbs mengatakan pemerintahan Obama selalu berharap Iran “akan menaati kewajiban internasionalnya dan mengakhiri program senjata nuklirnya”.

XS
SM
MD
LG