Tautan-tautan Akses

Jerman Adakan Pembicaraan Enam Negara Tentang Iran


Jerman pekan ini menjadi tuan-rumah pembicaraan enam negara tentang program nuklir Iran. Jurubicara Kementerian Luar Negeri, Jens Poetner menerangkan hari Senin pembicaraan diadakan pada tingkat pejabat tinggi sipil. Ia menolak merinci tentang lokasi dan tanggal setepatnya pembicaraan, tetapi pejabat-pejabat PBB dan Prancis mengatakan pembicaraan akan diadakan di Frankfurt.

Ke-lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB : Amerika, Russia, Inggris, Prancis, Tiongkok tambah Jerman tetap melakukan pembicaraan seputar program nuklir Iran. Pembicaraan pekan ini diduga akan terpusat pada soal apakah PBB perlu mengenakan sanksi yang lebih keras terhadap Republik Islam itu.

Negara-negara Barat menuduh Iran mencoba memperkaya uranium untuk membuat bom nuklir. Namun Iran menyangkal dengan mengatakan tujuannya adalah membangkit energi nuklir.

Dalam laporan yang dikeluarkan hari Senin, Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) menyatakan Iran telah menambah sentrifuge pengaya uraniumnya sekitar 1000 sampai 8300. Namun laporan juga menyatakan bahwa jumlah sentrifuge yang benar-benar berfungsi telah berkurang.


XS
SM
MD
LG