Tautan-tautan Akses

Karzai Terus Unggul dalam Perhitungan Suara Pilpres


Sebagian hasil terbaru pemilu presiden di Afghanistan menunjukkan bahwa Presiden Hamid Karzai semakin unggul meskipun masih terlalu dini untuk memperkirakan hasil akhir.

Para pejabat pemilu mengatakan, angka terbaru mencakup suara yang dihitung di 35 persen tempat pemungutan suara yang digunakan dalam pemilu tanggal 20 Agustus.

Pihak berwajib mengatakan dari suara yang dihitung sejauh ini Hamid Karzai memperoleh suara terbanyak 46 persen, dibandingkan dengan saingan utamanya, Abdullah Abdullah, yang memperoleh 31 persen suara. Presiden Karzai masih belum meraih jumlah suara yang diperlukan untuk menghindari pemilihan tambahan. Pemilihan itu sendiri dihantui oleh klaim terjadinya kecurangan yang luas.

Secara terpisah, Departemen Luar Negeri Amerika hari Sabtu membantah laporan media Afghanistan bahwa Amerika mendukung pembentukan sebuah pemerintah koalisi di Afghanistan.

Departemen itu mengatakan Amerika tidak mendukung atau menentang calon yang manapun, dan hanya tertarik pada proses pemilu yang kredibel.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown secara mendadak mengunjungi pasukan Inggris di Afghanistan selatan hari Sabtu. Ia berjanji bahwa mereka akan diberi dukungan lebih besar dalam perang Taliban, dan perlengkapan untuk melindungi mereka dari bom pinggir jalan.

XS
SM
MD
LG