Tautan-tautan Akses

Inggris Janjikan 1 Miliar Dollar Untuk Stabilkan Pakistan


Inggris menjanjikan bantuan 1 miliar dollar untuk membantu Pakistan menstabilisasi daerah perbatasannya yang berkecamuk dan untuk menangani penyebab utama ekstrimisme. Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mengkonfirmasi janji bantuan itu hari Jumat dalam pertemuan di London dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari.

Kantor Brown mengatakan perdana menteri Inggris itu menawarkan dukungan bagi pertarungan militer Pakistan yang semakin intensif melawan Taliban. Farhatullah Babar, seorang juru bicara Zardari, menekankan Pakistan membutuhkan lebih banyak bantuan dalam membangun pasukan keamanannya. Ia juga meminta akses lebih besar ke pasar Uni Eropa untuk ikut membantu ekonomi Pakistan.

Pihak Taliban Pakistan menyatakan bertanggung jawab atas serangan dekat perbatasan Afghanistan hari Kamis yang menewaskan 22 polisi. Kelompok itu mengatakan bom bunuh diri itu adalah pembalasan pertama atas kematian pemimpin mereka Baitullah Mehsud, yang tewas dalam serangan pesawat Amerika yang tak berawak awal bulan ini.

XS
SM
MD
LG