Tautan-tautan Akses

Tiongkok Menentang Kunjungan Dalai Lama ke Taiwan


Tiongkok menyatakan dengan tegas menentang keputusan Taiwan mengundang pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama ke Taiwan dalam misi kemanusiaan.

Dalam pernyataan yang diumumkan kepada media hari Kamis, Biro Tiongkok Urusan Taiwan mengatakan, pihaknya menentang kunjungan apapun oleh Dalai Lama ke Taiwan.

Sebelumnya, presiden Taiwan Ma Ying-jeou menyetujui undangan yang disampaikan kepada Dalai Lama agar datang ke Taiwan untuk berdoa bagi para korban Badai Marakot yang melanda Taiwan bulan ini, dan menghibur mereka. Jurubicara Ma mengatakan, kunjungan itu bersifat keagamaan dan kemanusiaan, dan seharusnya tidak mempengaruhi hubungan dengan Tiongkok.

Namun Tiongkok mengulangi tuduhan bahwa Dalai Lama menggunakan agama sebagai kedok dalam melakukan kegiatan separatis. Dalai Lama diundang ke Taiwan oleh Partai Demokrat Progresif yang beroposisi.

Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley hari Kamis menyebut Dalai Lama sebagai "pemimpin agama yang terhormat" dan mengatakan dia berharap lawatan Dalai Lama ke Taiwan tidak akan menjurus pada terjadinya peningkatan ketegangan di wilayah itu.

XS
SM
MD
LG