Tautan-tautan Akses

Reaksi Dunia Atas Meninggalnya Senator AS Edward Kennedy


Para pemimpin dunia memberi pujian bagi mendiang Senator Amerika Edward Kennedy.

Kata-kata penghargaan itu menunjukkan pengabdian Kennedy pada hal-hal yang berkisar dari reformasi perawatan kesehatan ke hak azasi manusia hingga perdamaian di Irlandia Utara. Senator itu adalah penganjur utama dari Amerika proses perdamaian yang akhirnya menghasilkan Persetujuan Jumat Agung Tahun 1998, yang mengakhiri puluhan tahun kekerasan antar golongan di provinsi Inggris itu.

Perdana Menteri Irlandia Brian Cowen menyebut Kennedy sebagai "sahabat yang sangat baik Irlandia," sementara mantan Perdana Menteri Irlandia Bertie Ahern mengatakan Kennedy sangat berpengaruh dalam penyelesaian sengketa Irlandia Utara.

Mantan Perdana menteri Inggris Tony Blair, yang mengawasi perundingan Jumat Agung itu, menyebut Kennedy seorang "abdi masyarakat sejati yang tetap memperjuangkan nilai-nilai keadilan dan kesempatan."

Selama hampir 50 tahun dalam Senat, Kennedy menjadi terkenal sebagai pendukung kaum miskin.

Ia memperjuangkan hak azasi di Chili, memperjuangkan kebutuhan pengungsi, dan memimpin usaha Kongres untuk mengenakan sanksi terhadap Afrika Selatan atas apartheid dalam tahun 1980-an.


XS
SM
MD
LG