Tautan-tautan Akses

AS Tak akan Beri Penilaian Awal Pemerintah Afghanistan Mendatang


Departemen Luar Negeri Amerika menyatakan pihaknya tidak ingin memberikan penilaian awal bagi pemerintahan Afghanistan mendatang sampai hasil dari pemilihan presiden pekan lalu diketahui.

Juru bicara Departemen Luar Negeri P.J. Crowley memberikan komentar itu hari Kamis sebagai tanggapan atas laporan di harian New York Times yang mengatakan para pejabat Amerika menaruh perhatian bagi salah seorang pasangan Presiden Afghanistan Hamid Karzai.

Laporan itu menyatakan para pejabat waspada terhadap Mohammad Qasim Fahim, mantan menteri pertahanan dan pemimpin militer yang dituduh telah terlibat dalam penyelundupan obat terlarang. Karzai memilih Fahim untuk menjadi salah seorang wakil presidennya.

New York Times mengatakan bila Karzai memenangkan pemilu dan Fahim menduduki jabatannya, hal itu akan merumitkan hubungan antara Amerika dan Afghanistan.

Para pejabat pemilihan Afghanistan masih menghitung hasil pemilu presiden pekan lalu itu, dan mereka mengatakan, tidak akan mengumumkan hasil sebagian penghitungan suara sampai paling awal hari Sabtu.



XS
SM
MD
LG