Tautan-tautan Akses

Seorang Pemberontak Iran Mengaku AS Danai Aksinya


Seorang pemberontak Sunni yang sudah dijatuhi hukuman mati di Iran mengatakan, kelompoknya memperoleh dukungan dari Amerika untuk melancarkan serangan teror di Iran.

Pihak berwenang Iran mengadakan konferensi pers hari Selasa untuk Abdolhamid Rigi, seorang anggota kelompok militan Jundallah, dimana ia mengatakan kelompoknya memperoleh dana, perlengkapan dan semua perintah dari pemerintah Amerika.

Meskipun Rigi kini menunggu pelaksanaan hukuman mati atas dirinya, namun ia muncul mengenakan pakaian preman dengan penjagaan yang tidak begitu ketat selama jumpa pers yang diatur secara seksama di Zahedan, kota di Iran Barat Daya yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan.

Pihak berwenang juga menunjukkan kepada para wartawan berbagai video klip tentang eksekusi mengerikan yang katanya dilakukan anggota-anggota Jundallah.

Rigi adalah bersaudara dengan pemimpin Jundallah, Abdolmallek Rigi, yang organisasinya mengklaim bertanggung jawab atas pemboman sebuah mesjid Syiah pada bulan Mei yang menewaskan lebih dari 20 orang. Rigi mengatakan kelompoknya pernah punya hubungan dengan Al Qaida tetapi hubungan itu diputuskan tahun 2003.

Amerika membantah tuduhan bahwa pihaknya mensponsori terorisme di Iran.


XS
SM
MD
LG