Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Pemberontak Terima Tawaran Amnesti Nigeria


Komandan tertinggi kelompok militan dan para pemimpin pemberontak lain di Delta Niger, Nigeria yang kaya minyak telah menerima tawaran amnesti pemerintah dan menyerahkan senjata mereka.

Komandan Ebikabowei Victor Ben dari kelomok pemberontak utama Nigeria, gerakan bagi Emansipasi Delta Niger atau MEND, dan 25 pemipin militan ikut alam upacara penyerahan umum di Ibukota negara bagian Bayelsa, Yuenagoa, hari Sabtu.

Presiden Umaru Yar'Adua menawarkan amnesti kepada kelompok militan yang menyerahkan senjata mereka dan meninggalkan aksi kekerasan setelah usaha pemberontakan terhadap industri minyak menyebabkan penurunan tajam dalam tingkat produksi minyak.

Para pemimpin pemberontak dan ratusan pengikutnya menyerahkan senjata, peluncur roket, dan kapal-kapal meriam, timbunan senjata terbesar yang pernah diterima pemerintah sejak persetujuan amnesti dilaksanakan dua pekan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, MEND menyebut upacara umum itu suatu permainan yang tidak jelas dan menuduh senjata-senjata itu milik pemerintah. Kelompok tersebut bersumpah akan melanjutkan serangan lagi terhadap industri minyak setelah gencatan senjata habis masa berlakunya, tanggal 15 September.



XS
SM
MD
LG