Tautan-tautan Akses

Senator AS Jim Webb Bertemu Aung San Suu Kyi di Rangoon


Senator Amerika Jim Webb bertemu pemimpin oposisi Birma Aung San Suu Kyi, hari Sabtu, tidak lama setelah Webb mengadakan pembicaraan dengan pemimpin pemerintahan militer negara itu.

Dalam kunjungan itu, Webb berhasil mengusahakan pembebasan warga Amerika John Yettaw yang dijatuhi hukuman penjara 7 tahun karena berenang ke rumah Aung San Suu Kyi.

Kantor Webb mengeluarkan pernyataan Sabtu yang menyebutkan, Yettaw akan dideportasi hari Minggu dan Senator Webb akan membawanya keluar dari Birma dengan pesawat militer yang terbang ke Bangkok pada hari itu juga.

Webb anggota Kongres pertama Amerika yang melawat ke Birma dalam kapasitas resmi dalam lebih dari 10 tahun. Ia pejabat pertama Amerika yang bertemu kepala pemerintahan militer negara itu, Jenderal Than Shwe.

Kunjungan itu dilakukan beberapa hari setelah pengadilan militer Birma memperpanjang penahanan rumah terhadap pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi selama 18 bulan dengan dakwaan pelanggaran keamanan negara.

Baik Gedung Putih maupun Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, Webb tidak membawa pesan khusus dari Presiden Barack Obama.


XS
SM
MD
LG