Tautan-tautan Akses

Sejarah Afghanistan Latar-belakangi Pemilihan Presiden 20 Agustus


Sejarah Afghanistan yang lama dibawah pendudukan asing yang penuh kekerasan dan pertentangan politik interen adalah latar belakang keadaan negara tersebut ketika rakyat memberi suara dalam pemilihan presiden yang baru tanggal 20 Augustus.

Negara tersebut menjadi front yang penting dalam perang yang dipimpin Amerika melawan teror setelah teroris al-Qaida menyerang kota New York dan Washington, dan setelah pesawat terbang yang dibajak jatuh di Pennsylvania tanggal 11 September tahun 2001. Presiden waktu itu George W. Bush menuntut agar pemerintah Taliban di Afghanistan -- yang memberi tempat berlindung bagi para anggota al-Qaida -- menyerahkan pemimpin kelompok teror itu, Osama bin Laden yang mendalangi serangan tersebut.

Ketika Taliban menolak, pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat bersama kelompok-kelompok pemberontak – termasuk Aliansi Utara – menggulingkan Taliban.

Penyerbuan itu mendepak Taliban dan al-Qaida tetapi tidak melenyapkan kedua kelompok tersebut. Sejak tahun 2001, pemberontak Taliban telah bangkit kembali di Afghanistan, dan menguasai wilayah yang luas di selatan dan timur, dimana mereka melancarkan serangan yang paling banyak terhadap pasukan Afghanistan, NATO dan Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG