Tautan-tautan Akses

Suu Kyi Bertemu Pengacara untuk Ajukan Banding


Pemimpin oposisi Birma Aung San Suu Kyi telah bertemu para pengacaranya untuk membahas pengajuan banding atas hukuman yang dijatuhkan pada dirinya karena melanggar ketentuan tahanan rumah.

Para penguasa militer Birma mengizinkan para pengacara itu menghabiskan waktu selama satu jam bersama Aung San Suu Kyi Rabu ini di rumah tepi danaunya di Rangoon.

Sebuah pengadilan di Rangoon menghukum pemimpin oposisi itu Selasa kemarin karena membiarkan warga Amerika bernama John Yettaw tinggal di rumahnya secara ilegal Mei lalu setelah berenang ke sana tanpa diundang. Pemerintah kemudian mengubah hukuman itu menjadi 18 bulan tahanan rumah.

Salah satu pengacara pemimpin oposisi itu, Nyan Win, mengatakan, mereka akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan itu setelah memperoleh kopi keputusan yang telah disyahkan. Ia mengatakan, Aung San Suu Kyi juga ingin mendapat klarifikasi mengenai ketentuan-tahanan rumahnya, termasuk haknya untuk menerima pengunjung dan personil medis.

Hukuman yang dijatuhkan kepada Suu Kyi mengundang kecaman keras kelompok-kelompok HAM, sekjen PBB, dan para pemimpin dunia di Amerika Utara, Eropa dan beberapa negara Asia.

Utusan PBB untuk Birma, Ibrahim Gambari mengatakan, keputusan pengadilan Birma itu merupakan langkah mundur.

Namun, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mendesak masyarakat dunia untuk menghormati apa yang mereka sebut kedaulatan hukum Birma. Tiongkok adalah salah satu dari sedikit sekutu militer Birma.

XS
SM
MD
LG