Tautan-tautan Akses

Rasmussen Minta Perbarui Hubungan NATO dengan Rusia


Sekertaris Jenderal NATO yang baru, Anders Fogh Rasmussen,menyerukan sebuah kemitraan strategis baru yang lebih dekat dengan Rusia untuk menangani masalah-masalah keamanan bersama seperti perompakan, narkotika dan terorisme.

Jurubicara NATO, Carmen Romero mengatakan seruan itu muncul hari Selasa pada pertemuan pertama Rasmussen yang mulai menjabat minggu lalu dengan duta besar Rusia untuk NATO, Dmitri Rogozin.

Romero, yang berbicara di Brussel, mencatat sejumlah perbedaan dengan Moskow mengenai beberapa isu, namun ditambahkannya, perbedaan tersebut tidak harus menghalagi kerjasama strategis tersebut. Ia melukiskan pertemuan hari Selasa tersebut berlangsung dalam suasana persahabatan dan kerjasama.

Hubungan NATO dan Rusia membeku setelah perang Rusia-Georgia tahun 2008, ketika NATO menuduh Moskow mengerahkan pasukannya dalam jumlah besar ke Georgia. Sementara itu, Moskow balik menuduh aliansi Barat mendukung agresi Georgia. Sejak kontak resmi dibuka lagi bulan Juni, Rusia membolehkan pesawat-pesawat militer Amerika melintasi wilayahnya untuk mengirim perbekalan bagi tentara NATO yang memerangi pemberontak Islamis di Afganistan.

XS
SM
MD
LG