Tautan-tautan Akses

Taliban-Pakistan Sedang Cari Pemimpin Baru


Menteri senior Pakistan, Rehman Malik mengatakan ia berpendapat al-Qaida hendak mengangkat seorang ketua teroris sebagai pemimpin Taliban Pakistan menyusul dugaan tewasnya pemimpin Taliban Pakistan, Beitullah Mehsud pekan lalu.

Dalam wawancara dengan VOA, Rehman Malik mengatakan ada hasil intelijen yang dipercaya mengukuhkan bahwa Beitullah Mehsud tewas akibat serangan pesawat tak berawak Amerika di Waziristan selatan hari Rabu. Petugas-petugas sedang berusaha mendapatkan bukti forensik tentang kematiannya.

Malik juga mengatakan pimpinan Taliban sekarang sedang kacau dan militan menyelamatkan diri dari kawasan itu karena faksi-faksi Taliban baku-hantam untuk menguasai jaringan Taliban Pakistan.

Tetapi hari Senin Hakimullah Mehsud, seorang yang diduga berpotensi sebagai penerus Beitullah Mehsud, memanggil saluran media untuk mengatakan Beitullah masih hidup. Ia juga menyangkal laporan tentang tembak-menembak yang menelan korban jiwa dalam usaha mencari penerus Beitullah Mehsud.

Pakistan mengatakan laporan menunjukkan terjadi tembak-menembak dalam satu pertemuan hari Sabtu antara Hakimullah Mehsud dan komandan Taliban lainnya, Wali-ur-Rehman menyebabkan seorang di antara mereka tewas. Wali-ur-Rehman juga membantah laporan itu kepada kantor berita Reuter.



XS
SM
MD
LG