Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton: Amerika Serius Soal Iran


Menteri luar negeri Hillary Clinton mengatakan Amerika tidak semata-mata terpaku pada pembinaan hubungan dengan Iran terkait program nuklirnya yang kontroversial.

Clinton kepada CNN hari Minggu mengatakan Amerika juga mempertimbangkan beberapa langkah alternatif jika Iran menolak tawaran untuk kembali berunding. Ia mengatakan tindakan yang mungkin dilakukan termasuk berbagai sanksi dan pembatasan.

Clinton mengatakan Washington akan mengkaji kembali tawarannya kepada Iran bulan September. Para pejabat Amerika sebelumnya telah mengatakan pihaknya ingin Teheran menjawab undangan untuk kembali berunding pada saat pembukaan Sidang Umum PBB bulan September.

Duta Besar Amerika untuk PBB Susan Rice mengatakan para diplomat tengah mempertimbangkan langkah-langkah berikutnya baik jika Iran memberi maupun tidak memberi tanggapan bulan depan.

Dalam berita lainnya, seorang pejabat tinggi Amerika mengatakan, Iran mengkonfirmasi telah menahan tiga warganegara AS yang belum lama ini tersesat ke wilayahnya dari Irak Utara ketika sedang berjalan kaki.

Penasihat Keamanan Nasional, jenderal purnawirawan Jim Jones dalam sebuah wawancara di TV NBC hari Minggu mengatakan Iran secara resmi mengumumkan bahwa ketiga orang Amerika itu berada dalam tahanan Iran. Mereka terakhir terlihat 31 Juli dekat perbatasan Iran dengan wilayah Kurdi di Irak.

Amerika tidak punya hubungan diplomatik dengan Iran dan meminta bantuan bantuan duta besar Swiss di Teheran untuk memperoleh informasi mengenai ketiga pejalan kaki itu. Televisi Iran mengambarkan ketiga orang Amerika itu sebagai mata-mata yang masuk ke negaranya secara gelap.

Jones menolak tuduhan tersebut dan mengatakan warga Amerika yang ditahan itu adalah orang-orang tidak bersalah yang seharusnya segera dibebaskan.



XS
SM
MD
LG